Rosella adalah sejenis tanaman bunga-bungaan dengan tangkai panjang menjuntai ke atas, Daun dengan jari-jari mirip daun singkong berujung runcing ke tepi.
bunga  rosella
Bunga Rosella sendiri berwarna Merah Marun cantik bernama latin Hibiscus sabdariffa Linn, Rosella adalah tanaman keluarga kembang sepatu yang konon katanya berasal dari Africa dan Timur Tengah. Tinggi tanaman bunga Rosella ini bisa mencapai 3 – 5 Meter. Bunga nya sendiri akan tumbuh ketika tanaman ini sudah dewasa dimana didalam bunga berwarna merahnya itu terdapat biji. Bungan dan Biji Rosella inilah yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05, setiap 100 gr rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. kandungan lainya adalah kalsium 486 mg, omega 3, Magnesium, beta karotin serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine. Bunga rosella juga kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan saluran pencernaan.

Rosella paling mudah dibuat menjadi minuman, Mengambil bunganya lalu di rebus dengan air maka warna airnya akan berubah menjadi merah. Dengan rasa yang agak asam rosella sangat sengar di komsumsi sehabis makan. Untuk memudahkan penyimpanannya Rosella dibuat menjadi sejenis the, bunga Rosella di jemur kering dan disimpan dalam wadah. Apabila ingin meminumnya cukup di seduh dengan air panas, Rosella juga bisa dibuat jadi semacam Es apabila di seduhan/air yang dimasak bersama rosella ini ditambahkan air dingin, Es dan Gula.

TEH ROSELLA atau TEH MERAH dikenal dengan nama beragam : Teh Rosella, Hibiscus tea, Teh Mekkah, Teh Yaman. Disebut juga Karkade (Arab), Kezeru (Jepang), Merambos Hijau (Jateng), Asam kesur (Meranjat), Kesew Jawe (Pagar Alam), Asam Jarot (Sp. Padang), Asam Rejang (Muara Enim) dan Hisbiscus Sabdariffa L. (Latin)

The Rosella sudah banyak di jual di pasaran karena rasanya yang nikmat, mudah dalam penyimpanannya serta punya segudang manfaat. Beberapa manfaat dari the bunga Rosella ini antara lain :
Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
Menormalkan kadar GULA DARAH , ASAM URAT dan KOLESTEROL dalam tubuh.
Baik untuk PEROKOK karena dapat mengurangi dampak negatif dari Nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap NARKOBA seta mencegah KANKER.
Mengatasi BATUK, Sakit Tenggorokan, Mengobati Sariawan.
Mengawetkan kehalusan kulit dan Mengurangi Keriput.
Dapat menurunkan berat badan, cocok untuk program diet.
Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri , anti virus serta dapat mengobati keracunan.
Bagi Anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan OTAK, karena mengandung OMEGA-3 dan memacu pertumbuhan DHA.
Memperbaiki metabolisme tubuh, memperlambat menopouse dan tulang keropos/ pengapuran tulang.

Selain menjadi the, Bunga rosella juga bisa dijadikan sebagai bahan baku membuat selai, warnanya yang merah menyala menghasilkan selai yang menyehatkan dan berwarna cantik. Caranya sebagai berikut :

Bahan :
250 Gram Kuntum bunga Rosella
1 Sdm Tepung Maizena
150 Ml Air putih
150 gr Gula Pasir
3 sdm air jeruk leom/nipis
¼ sdt Vanilla Pasta
¼ sdt Garam Halus

Cara Membuatnya :
Blender bungan rosella dengan air dan tepung maizena hingga halus.
Angkat dan tuangkan ke dalam panci
Tambahkan Gula pasir dan air
Masak hingga mendidih
Masukkan Jeruk Nipis, pasta Vanili dan garam.
Masak hingga tekstur saus mengental.
Angkat dan simpan didalam Toples Kedap udara

Selain menjadi Selai dan the, Rosella juga dapat di manfaatkan menjadi bahan pembuat Puding, Kue, Sirup dan Aneka makanan lainnya. Karena manfaatnya yang sedemikian besar tidak jarang bunga rosella juga di masak menjadi sayur bening atau sayur tumis.

Sumber :

http://obrolanperempuan.net/kesehatan/2009/05/bunga-rosella-si-cantik-dengan-segudang-manfaat/